Berita

APEL PAGI DEKLARASI PEMBANGUNAN ZI MENUJU WBK/WBBM

Wiradesa – Berbeda dengan Apel biasanya, kegiatan apel di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pekalongan dilaksanakan disertai Penandatanganan Pakta Integritas dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas  (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan komitmen bersama seluruh pegawai dalam upaya membangun budaya integritas guna terwujudnya Tata Kelola Kepemerintahan Yang Baik dan Bersih (Good Governance and Clean Governance) di lingkungan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pekalongan.

Dalam apel khusus pagi ini dibacakan sambutan Bupati Pekalongan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pekalongan Bapak Ir. Trinanto. AM, M.si. Dalam sambutan disampaikan bahwa Pelaksanaan reformasi birokrasi  diselenggarakan demi terciptanya pemerintahan yang baik dengan 3 (tiga) indikator utama, yakni peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Untuk percepatan pencapain indikator utama tersebut adalah dengan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya pembangunan Zona Integritas.

Dalam sambutan disampaikan pesan Bupati kepada Pimpinan OPD beserta seluruh jajarannya, untuk secara terus menerus melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di unit kerja Saudara melalui :

  1. Pelaksanaan Manajemen Perubahan, antara lain dengan membangun komitmen membangun integritas, melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja.
  2. Panataan Tata Laksana, antara lain meningkatkan kinerja, meningkatkan efisiensi dan efektifitas, penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas, serta keterbukaan informasi publik.
  3. Penataan Sistem Manajemen SDM, antara lain dengan meningkatkan disiplin dan profesionalisme SDM Aparatur.
  4. Penguatan akuntabilitas, antara lain dengan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas / pertanggungjawaban atas keberhasilan / kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan dalam mencapai misi dan tujuan organisasi.
  5. Penguatan Pengawasan, antara lain dengan meningkatkan penyelenggaraan SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah), Pengendalian Gratifikasi, dan membuka kanal-kanal pengaduan masyarakat, serta penyampaian LHKPN/LHKASN.
  6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, antara lain dengan penerapan SOP dan standar pelayanan, membangun budaya pelayanan prima serta melakukan survey kepuasan masyarakat.

Selesai pembacaan sambutan Bupati Pekalongan, dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh pegawai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close